PERSIAPAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Oleh: Syamsuddin Ramadhan

Seringkali kita tidak mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam menyambut bulan Ramadhan. Akibatnya, ketika bulan yang istimewa ini tiba, kita memperlakukan dan menyambutnya seperti bulan-bulan biasa saja. Bahkan, kadang-kadang kita menganggap, bahwa datangnya bulan istimewa ini justru akan mendatangkan banyak beban. Na’udzubillah min dzalik! Tidak hanya itu saja, kita juga tidak membekali diri dengan pemahaman yang utuh dan menyeluruh tentang hukum-hukum syari’at yang berhubungan dengan bulan Ramadhan. Akhirnya, kita sering melanggar hukum-hukum syari’at yang terkait dengan ibadah shiyam di bulan Ramadhan.

 

Agar kita tidak mengulangi lagi kesalahan-kesalahan sebelumnya, ada beberapa persiapan yang patut dilakukan. Persiapan tersebut dilakukan agar kita berhasil mendapatkan buah Ramadhan yang mahal dan agar kita dapat melakukan amaliyah di bulan Ramadhan secara optimal dan maksimal. Sehingga, kita tidak hanya merasa senang dan gembira dengan datangnya Ramadhan, akan tetapi kita memang sudah siap dengan persiapan yang matang untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan di bulan itu.   Baca lebih lanjut

Daulah Abbasiyah: Azh-Zhahir Biamrillah, Pewaris Dua Umar

Khalifah Azh-Zhahir dilahirkan pada 571 H. Nama aslinya Muhammad bin  An-Nashir Lidinillah, Azh-Zhahir Biamrillah, Abu Nashr. Semasa hidupnya,  sang ayah melantiknya sebagai putra mahkota. Khalifah Azh-Zhahir  dilantik sebagai khalifah Bani Abbasiyah ke-35 (1225-1226 M) pada usia  52 tahun. Baca lebih lanjut

REFLEKSI AKHIR TAHUN 2010 M/1431 H

Tahun 2010 sebentar lagi akan berakhir, dan fajar tahun 2011 segera menyongsong. Banyak peristiwa sosial, ekonomi, politik, budaya dan sebagainya yang telah terjadi di sepanjang tahun ini. Terhadap sejumlah isu terhangat di tahun 2010, Hizbut Tahrir Indonesia memberikan catatan sebagai berikut:

WAJAH BOPENG DEMOKRASI INDONESIA

Demokrasi di Indonesia sekalipun mendapatkan pujian dalam Bali Democracy Forum (10 Desember 2010), sesungguhnya tak sesuai fakta yang terjadi di tengah masyarakat. Sepanjang tahun 2010, tragedi demi tragedi terjadi yang mengindikasikan cacat dan bopengnya sistem ini. Yang paling menonjol, Indonesia dengan demokrasinya telah menempatkan diri sebagai negara satelit atau subordinat kepentingan negara kapitalis Amerika Serikat dan sekutunya. Kunjungan Obama adalah simbol dari Baca lebih lanjut

Nabi Sulaiman a.s. dan Seekor Semut

Kerajaan Nabi Sulaiman a.s. dikala itu sedang mengalami musim kering yang begitu panjang. Lama sudah hujan tidak turun membasahi bumi. Kekeringan melanda di mana-mana. Baginda Sulaiman a.s. mulai didatangi oleh ummatnya untuk dimintai pertolongan dan memintanya memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan untuk membasahi kebun-kebun dan sungai-sungai mereka. Baginda Sulaiman a.s. kemudian memerintahkan satu rombongan besar pengikutnya yang terdiri dari Baca lebih lanjut

Renungan Tahunan di Akhir Bulan

ambil jalan lurus dengan istiqomahTepat 28 Rajab 1430 H nanti yang bertepatan 5 Juli 2009, kita akan diingatkan akan momentum yang paling menyakitkan bagi umat Islam di seluruh dunia, yaitu Baca lebih lanjut

Memilih Wanita

Suatu malam, khalifah Umar bin Khattab RA keliling keluar masuk lorong kampung mengontrol keadaan rakyatnya, suatu pekerjaan yang rutin dilakukan beliau dalam kapasitas sebagai kepala negara. Tiba-tiba beliau mendengar sebuah percakapan menarik dari rumah seorang wanita penjual susu: Baca lebih lanjut

Aargh…

banyak mata silau akan indahnya dunia
banyak pribadi luluh akan kecantikan wanita
banyak insan yang lupa dilenakan kenikmatan dunia
hanya satu penyelamat itu semua
ingat mati, pasti berhenti

banyak teman menjajakan kesenangan
banyak kenalan menunjukkan angan-angan
banyak tempat pergaulan yang menjerumuskan dan menyesatkan
hanya satu teman hidup yang bisa menggantikan itu semua
wanita shalihah, sudahkah di sisi kita?

Sapa yang Mau Ikutan?

road-show-dakwah-mantan-rocker

Rocker.

Kok bisa insyaf? Penembang “Ada Kamu” ini sekarang ngapain ya setelah ga’ nge-rock?

Nih dia saatnya korek langsung dari si mantan “Kutu Loncat”. Kapan? Dimana?

Hubungin: Hijrah Organizer (031-7081.8249 / 0811.342.4949)

Gejala Futur

Saya ini Sedang futur*
Terbukti dengan mulai ogah-ogahannya saya datang ke pengajian setiap pekan
Dengan alasan yang klasik : sibuk, lelah, kuliah, inilah, itulah ???saya sedang
kalah Baca lebih lanjut

Info Gress

Assalamu’alaykum Wr Wb.
Salam Dahsyat dan Luarrrr Biasa!
Pingin jadi trainer tapi masih minder. Pingin jadi mentor tapi ilmu minor.
Pernah denger Pesantren Virtual? Ato Pesantren Online?
Uhuuii….kebetulan.
Animo yang cukup besar terhadap Program Mentor Cara Cepat menjadi Trainer, Penulis dan Public Speaker (PMCTP) Angkatan III.
Kami Buka lagi PMCTP untuk Angkatan IV. karena banyaknya permintaan yang masuk ke email kami untuk membuka program lagi.
Segera daftarkan diri Anda :
Nama :………..
Alamat : ………..
No. Telp. : ………..
Email : ………..
Dapatkan Bonus Ebook2, materi ppt, artikel2, tentang motivasi dan Pengembangan diri secara gratisss. ada 16 File yg bisa didownload. Sgr dapatkan n pelajari, karena ini syarat untuk mengikuti program ini.
Kirimkan Data lengkap Anda ke email kami: muhammad_sugiono@yahoo.com
ato via SMS, ketik: nama (spasi) alamat (spasi) No.Telp (spasi) email
kirim ke: 031-711.57056 ato 0857.3144.9131
Kami membuka kelas hanya 10 Orang. Pendaftaran Paling Lambat tgl 1 Desember 2008 udah masuk ke email/HP kami.
Salam Dahsyat dan Luarrr Biasa !
Wassalamu’alaykum Wr Wb.
Hormat Kami

Apakah Itu Islam?

Dari sekian banyak materi yang disampaikan oleh para ustadz, ada satu materi yang begitu berkesan dan sangat membekas dalam benak saya. Sehingga terasa menyentuh langsung hati sanubari terdalam saya. Dampaknya adalah setiap kali perasaan malas muncul, maka pemahaman tentang materi ini membuat saya semangat dan semangat lagi untuk bangkit dan berjuang. Materi apakah itu? Itulah yang ingin saya bagi dalam tulisan sangat singkat berikut. Tentang pertanyaan sangat mendasar tetapi insya Allah sangat berguna sebagai bekal hidup kita ke depan, baik sebagai individual, komunal atau bahkan institusional. Penasaran? Ayo kita bahas! Baca lebih lanjut

Kajian Tafsir Special For Ikhwan

Good News.

Alhamdulillah mulai 26 Nopember 2008 tiap Rabu pukul 6 -7 pagi di Jl. Ketintang Baru VIII-1 Surabaya, ada Kajian Tafsir Maudhu’i dg metode praktis n mudah dipahami. Apaan tuh?? Penasaran? Datang aja! Boleh bergerombol ato individuol. he2…he..

utk Info n pendaftaran, Hub. Customer Service terdekat ato SMS {ketik: reg (spasi) nama (spasi) tgl lahir (spasi) alamat (spasi)} kirim ke: 031-711.57056 [ Cak Gie ]

Jilbab, Enggak Wajib?

Sangat pilu! Itulah perasaan seorang gadis Muslimah yang bernama Winie Dwi Mandella, petugas medis di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat. Betapa tidak, di negeri yang mayoritas penduduknya Muslim ini ia mendapatkan perlakuan yang sangat tidak adil; dipecat dari rumah sakit tempat kerjanya hanya karena mengenakan jilbab/kerudung.

Kisah malang yang menimpa Winie semakin menambah panjang kasus-kasus serupa di tempat lain dan institusi yang berbeda. Puluhan tahun silam, Januari 1983, misalnya, SMAN 68 Jakarta Pusat pernah melarang salah seorang siswinya mengikuti pelajaran karena mengenakan jilbab. Ia dianggap tidak mematuhi aturan seragam sekolah. Hal serupa terjadi di SMAN 33 Jakarta.

Masih ingat dengan kasus pemecatan Hadis dan Dewi? Mereka adalah dua mahasiswi Akper Muhammadiyah Banjarmasin yang dikeluarkan lantaran tidak menaati aturan berpakaian yang ditetapkan oleh institusi tempatnya belajar. Keduanya dikeluarkan hanya karena mengenakan jilbab yang mereka yakini lebih sempurna. Ini terjadi pada tahun 2003. Baca lebih lanjut

Apalah Arti Sebuah Nama

Sering saya dimintai tolong untuk memberikan masukan nama yang bagus buat anak putra atau putri. Biasanya mereka mengharapkan nama yang Islami tapi juga tidak ketinggalan jaman. Emang ada nama yang primitif? Perasaan kok ga ada. Biasanya habis diskusi luas (karena panjang kali lebar adalah sama dengan luas…yiee..) saya sering mengakhirinya dengan ungkapan: “Dikasih nama apa ya? Tunggu deh, saya cari-cari dulu” (Maklum masih amatiran. Alias belum pernah nimang anak. Jadi harus cari contekan dulu..he2..he..). Temen saya langsung nyeletuk: “emangnya mo cari di mana. Kayak jajanan aja, dicari di pasar”.

Memang orang bilang, “apalah arti sebuah nama”. Tidak demikian dengan Islam. Sebagai orang tua kita diperintahkan untuk memberikan nama-nama yang bagus untuk putra-putri kita. Karena nama adalah doa. Karena nama adalah motivasi. Karena nama adalah panggilan terindah yang dinanti-nanti ketika antri masuk surga nanti (Aamiin). Karena nama adalah sebuah impian sekaligus keinginan dan cita-cita besar. Jadi jangan sepelekan nama. Baca lebih lanjut

TIPS Rasulullah saw untuk keluar dari kesulitan hidup

1. Mengadu dan berharap hanya kepada Allah swt

Man nazalat bihi fâqatun fânzalahâ binnâsi lam tusadda fâqatuhû wa man nazalat bihî fâqatun fa’anzalahâ billâhi fayûsyikullâhu lahû birizqin ‘âjilin au âjilin

Barang siapa tertimpa kemiskinan, kemudian ia mengadukannya kepada sesama manusia, maka tidak akan tertutup kemiskinannya itu. Namun siapa saja yg mengadukannya kepada Allah, maka Allah akan memberinya rizki baik segera ataupun lambat (HR. Abu Dawud). Baca lebih lanjut

Tes Baca

Murenut sautu pelneitian di Uinervtisas Cmabridge, uturan hruuf dlaam ktaa tiadk penitng. Ckuup huurf petrama dan trekahhir ynag ada pdaa tepmatyna. Siasyna bsia dtiluis bernataakn, teatp ktia daapt mebmacayna. Ini dsieabbkan kaerna oatk ktia tdiak mebmcaa huurf per hruuf, nmaun ktaa per ktaa.

Kalau kita bisa membaca tulisan di atas dengan lancar dan benar, kira-kira kenapa kita kok seringkali merasa berat untuk membaca informasi-informasi baru dan penting??? Kenapa kita kok cepat sekali merasa lelah atau mengantuk ketika membaca al Qur’an??? Kenapa yaaa???

Gadis yang pingsan setiap kali tertawa

Memang tidak mungkin kita bisa menghitung nikmat Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya:

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. an Nahl [16]: 18).

Salah satu nikmat itu adalah bisa tertawa dan juga bisa tidur sesuai dengan keinginan kita. Semoga kisah Kay ini bisa menjadi penambah rasa syukur kita terhadap nikmat2 Allah SWT yang tiada tara jumlahnya.

Namanya Kay Underwood, berumur 20 tahun, menderita Cataplexy yang berarti ketika si penderita mengalami emosi berlebihan, ototnya akan melemah. hal seperti gembira, ketakutan, terkejut, kagum dapat membuatnya langsung jatuh tepat dimana dia berada. Baca lebih lanjut

Hidayah, dicari ato ditunggu?

Berbicara tentang Hidayah, banyak sekali fakta di masyarakat yang menarik untuk disikapi. Bahkan akhir-akhir ini marak film sinetron yang bertajuk Hidayah. Alih-alih penonton mendapatkan pencerahan setelah nonton acara tersebut. Kebanyakan malah “terjerumus” ke dalam pemahaman dan aktivitas syirik, tahayul dan khurafat. Sebagai seorang Muslim, kita wajib memiliki pemahamn yang shahih tentang hidayah, yakni seputar petunjuk (al Hudâ, hidâyah) dan kesesatan (adh Dholâl, dholâlah). Baca lebih lanjut