DO’A

Oleh-oleh dari Training Keluarga AsMaRa

_______________________________________________________

Ya ‘Azizu ya Rohman, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau

Ya, Robbana, Engkau telah menjadikan laki-laki dan perempuan sebagai pasangan, pria dan wanita sebagai saudara kandung, suami dan isteri sebagai sahabat tempat meraih sakinah, mawaddah dan rahmah. Karenanya, janganlah engkau tanamkan sikap saling menyaingi dalam dada kami, ya, Rabb. Andai kadangkala hati kami mendengar bisikan setan untuk menjadikan laki-laki sebagai lawan kami, perempuan sebagai saingan kami, ampunilah kami, ya, Allah. Sebenarnya kami tidak menghendaki itu. Jadikanlah kami sebagai teman perjuangan suami kami, tetapkanlah kami sebagai sahabat isteri kami, jadikanlah kami sebagai sayap kiri dan kanan perjuangan ini, ya, ilahi.

Ya, Allah, Engkau tahu bahwa kami sungguh ingin menjadi isteri shalihah yang berbakti pada suami, ibu pembina umat, pencetak anak-anak shalih-shalihah, dan wanita pejuang yang bersama kaum Adam menegakkan Islam.

Ya, Rabb, Engkau tahu bahwa kami rindu menjadi suami shalih. Kami pun rindu memiliki isteri shalihah. Kabulkanlah, wahai, Zat Maha pemberi.

Duhai Zat Maha Pengasih, Engkau Maha Tahu, sebenarnya kami memang terkadang lelah. Tapi, kami rela keringat bercucuran, peluh membasahi sekujur tubuh, kelelahan tak kami pedulikan, capek hampir-hampir tak pernah kami pikirkan, kelelahan sepanjang siang dan malam pun kami pandang sebagai pengorbanan dalam perjuangan. Mengapa? Sebab, yang terbayang di mata dan hati kami adalah terwujudnya keluarga sakinah, anak-shalih dan generasi yang cerdas bertakwa, para suami yang tersenyum gembira, para isteri yang riang penuh suka cita; dan umat yang bahagia melihat kami sebagai keluarga shalih milik mereka. Dan kami pun tetap tersenyum bahagia. Itulah cita-cita kami, ya, Robbana. Dan dengan itu kami mengharap keridloan-Mu tercurah pada kami. Curahkanlah ridlo-Mu, ya, ilahi.

Kami sangat mencintai anak-anak kami. Engkau tahu ucapan kami pada mereka, belaian kami bagi mereka, senyuman kami untuk mereka, bahkan larangan kami dan terkadang sedikit sikap ‘keras’ kami kepada mereka, semuanya hanyalah wujud cinta kami untuk buah hati kami itu, ya Allah.

Kami juga sangat mencintai suami kami, ya, Rabb. Kami sungguh mencintai isteri kami, ya, ilahi. Kami ingin berjuang bersama, berbagi duka bersama. Kami ingin masuk sorga bersama-sama, ya, Allah. Mungkin suami kami bukanlah suami yang terbaik, tapi dia adalah panutan kami, ya, ’Aziz. Mungkin isteri kami banyak kekurangannya, tapi dia buah hati kami, ya, Halim. Sungguh, kami mencintainya, ya, Allah. Hanya, memang, kadangkala egoisme kamilah yang merampas keharmonisan kami.

Ya, Habibi, tumbuhkanlah cinta kasih diantara kami. Satukanlah kami seperti engkau menyatukan Adam dengan Hawa, Ibrahim dengan Sarah, Yusuf dengan zulaikha, Rasulullah Muhammad dengan ibunda Khadijah. Tumbuhkanlah dan tingkatkanlah keharmonisan keluarga kami, duhai ilahi. Panggillah kami kelak di akhirat dengan panggilan: ”masuklah kalian dan isteri kalian kedalam sorga! Disana kalian digembirakan.”

Ya, hayyu ya qoyyum, kokohkanlah langkah kaki kami dalam menjalankan dan menegakkan syariat-Mu. Hanya aturan-mu-lah yang akan mendatangkan keharmonisan keluarga kami. Karenanya, kobarkanlah semangat iman dalam jiwa kami, nyalakanlah amal pada diri kami, dan kuatkanlah tekad dalam jiwa kami.

Kami yakin, ya Allah, Engkau akan menolong kami. Kami percaya Engkau akan membangkitkan kaum mukminat dan umat Islam keseluruhan. Kami yakin, Engkau sayang pada kami.

Engkau tahu, sungguh kami telah beriman kepada-Mu, maka turunkanlah rahmat, anugerah, dan pertolongan-Mu. Engkaupun tahu, betapa banyak dosa yang kami lakukan. Ampunilah kami, ya, Allah. Memang, kami malu, karena sebenarnya semua itu tidak pantas bagi kami. Tapi, kami yakin Engkau Maha Pemurah pada hamba-Nya yang berserah diri. Karenanya, kabulkanlah permohonan kami, Wahai Zat Maha Perkasa.

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ, اِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامَا, اِنَّهَا سآءَتْ مُسْتَقَرًّ وَ مُقَامًا.

_______________________________________________________

Di dalam al-Quran dan al-Hadits juga terdapat banyak teks doa. Misalkan :

1. Doa Nabi Ibrahim as.

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.”

( رب اجعل هذا بلدا آمنا وارزق أهله من الثمرات من آمن منهم بالله واليوم الآخر – QS. al-Baqarah [2]: 126)

dan

“Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. ( ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم – QS. al-Baqarah [2]: 127)

dan

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.”

(ربنا واجعلنا مسلمين لك ومن ذريتنا أمة مسلمة لك وأرنا مناسكنا وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم – QS. al-Baqarah [2]: 128)

dan

“Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Qur’an) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

(ربنا وابعث فيهم رسولا منهم يتلو عليهم آياتك ويعلمهم الكتاب والحكمة ويزكيهم إنك أنت العزيز الحكيم – QS. al-Baqarah [2]: 128)

2. Doa sapu jagad

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

( ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار – QS. al-Baqarah [2]: 201)

3. Doa agar terhindar dari kesesatan

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

(ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب – QS. Ali Imrân [3]: 8).

4. Doa Nabi Yusuf as.

“Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian takbir mimpi. (Ya Tuhan). Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh.”

(رب قد آتيتني من الملك وعلمتني من تأويل الأحاديث فاطر السماوات والأرض أنت وليي في الدنيا والآخرة توفني مسلما وألحقني بالصالحين – QS.Yusuf [12]: 101)

5. Doa Nabi Musa as.

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku, dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku, teguhkanlah dengan dia kekuatanku, dan jadikanlah dia sekutu dalam urusanku, supaya kami banyak bertasbih kepada Engkau, dan banyak mengingat Engkau. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Melihat (keadaan) kami.”

(قال رب اشرح لي صدري – ويسر لي أمري – واحلل عقدة من لساني – يفقهوا قولي – واجعل لي وزيرا من أهلي – هارون أخي – اشدد به أزري – وأشركه في أمري

كي نسبحك كثيرا – ونذكرك كثيرا – إنك كنت بنا بصيرا – QS. Thâhâ [20]: 35)

6. Doa Nabi Ayyub as.

“(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. ( أني مسني الضر وأنت أرحم الراحمين – QS. al-Anbiyâ‘ [21]: 83)

dan

“(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. ( أني مسني الشيطان بنصب وعذاب – QS. Shâd [38]: 41)

7. Doa agar mendapatkan istri dan keturunan yang baik

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

(ربنا هب لنا من أزواجنا وذرياتنا قرة أعين واجعلنا – QS. al-Furqân [25]: 74)

8. Anda punya doa nabi-nabi yang lain? bagi-bagi doong.

2 Tanggapan

  1. Wah, Alhamdulillah ana baru bisa ziaroh lagi nih.
    Bisa tambahin doanya di Hisnul Muslim..

  2. afwan ane belon punya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: