Apakah Itu Islam?

Dari sekian banyak materi yang disampaikan oleh para ustadz, ada satu materi yang begitu berkesan dan sangat membekas dalam benak saya. Sehingga terasa menyentuh langsung hati sanubari terdalam saya. Dampaknya adalah setiap kali perasaan malas muncul, maka pemahaman tentang materi ini membuat saya semangat dan semangat lagi untuk bangkit dan berjuang. Materi apakah itu? Itulah yang ingin saya bagi dalam tulisan sangat singkat berikut. Tentang pertanyaan sangat mendasar tetapi insya Allah sangat berguna sebagai bekal hidup kita ke depan, baik sebagai individual, komunal atau bahkan institusional. Penasaran? Ayo kita bahas!

Mengenal Islam (Ta’rîf al Islâm)

اَلْإِسْلَامُ هُوَ الدِّيْنُ الَّذِيْ أَنْزَلَهُ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِتَنْظِيْمِ عَلَاقَةِ الْإِنْسَانِ بِخَالِقِهِ وَبِنَفْسِهِ وَبِغَيْرِهِ مِنْ بَنِى الْإِنْسَانِ

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan penciptanya/Al Khâliq (Hablum minallâh), dengan dirinya sendiri (Hablum binafsihî) dan dengan manusia yang lain (Hablum minannâs).

Dari pengertian di atas, maka dapat ditarik 3 kesimpulan bahwa:

  1. Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT (agama samâwi). Jadi semua agama yang tidak diturunkan oleh Allah SWT, yakni agama buatan atau produk manusia (agama ardhî) adalah tertolak, seperti: Hindu, Budha, Shinto, Konghucu, dll. Dan sudah pasti Islam kebenarannya mutlak, sedangkan selain Islam kebenarannya sangat relatif. Karena dicetuskan oleh akal manusia yang serba terbatas dan tidak mampu menjangkau secara menyeluruh dan detail solusi bagi problematika umat manusia di setiap tempat, di seluruh dunia dan di setiap zaman.
  2. Islam adalah agama yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad SAW. Jadi semua agama samawi yang dibawa oleh selain nabi Muhammad SAW adalah tertolak. Seperti Yahudi (oleh nabi Musa as.) dan Nasrani (oleh nabi Isa as.). Artinya agama-agama tersebut benar hanya pada waktu, kondisi, tempat dan untuk kaum tertentu saja. Sedangkan Islam tidak ada masa kadaluarsanya. Islam adalah agama yang berlaku sampai datangnya hari kiamat.
  3. Islam adalah pedoman hidup yang komprehensif/lengkap/kaaffah. Sehingga Islam tidak sama dan sangat berbeda dengan agama dan ideologi lain. Hal ini dapat dilihat pada bagan di bawah ini:

islam-kaffah2

Dari bagan di atas, terlihat bahwa Islam adalah agama yang kaaffah. Islam mengatur segala aspek/bidang kehidupan, baik moral/spiritual (rûhiyah) maupun politik sosial kemasyarakatan (siyâsah). Agama selain Islam hanya mengatur masalah ruhiyah saja. Mereka tidak punya aturan tentang siyasah. Jadi tidak akan kita temukan sistem ekonomi Hindu, sistem politik Budha, sistem pendidikan Konghucu/Shinto, dan sistem pemerintahan Nasrani/Yahudi. Karena mereka tidak memilikinya. Sehingga untuk mengatur urusan politiknya mereka mengambil ideologi Kapitalisme/sekulerisme atau Sosialisme/komunisme. Makanya kita mengenal sistem ekonomi kapitalis dan sistem politik sosialis.

Lain halnya dengan Islam. Di dalamnya terdapat segala sistem kehidupan, seperti: sistem ekonomi Islam, sistem politik & pemerintahan Islam (khilafah), sistem pendidikan Islam, dll. Sangat lengkap. Mulai dari aturan masuk kamar mandi sampai aturan Negara. Mulai dari masalah bersin sampai distribusi bensin. Mulai dari memotong rambut sampai memotong tangan/kepala dengan benar. Semuanya tidak sembarangan. Tapi ada aturannya. Aturan yang berasal dari Dzat yang Maha Pengatur, Dzat yang Maha Adil, Dzat yang Maha Mengetahui hakikat baik dan buruk bagi makhluk ciptaannya. Yaitu Allah SWT. Itulah Islam. Agama kita.

…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu… (QS. al Mâidah [5]: 3).


3 Tanggapan

  1. Assalamu’alikum Wr.Wb.

    Sukron, masih ada saudara muslim yang mau berbagi ilmu, smoga amal jariyahnya di trima Allah SWT amin.
    Insya Allah saya lebih sering mampir ke web saudara, ya… untuk mengais ilmu, itung-itung tambah pengetahuan…
    sekian dulu, banyak terima kasih Insya Allah ketemu lagi

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Faruq

  2. alhamdulillah, akhirnya bisa download kamus mufid. jazakalloh pak,

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam kenal saudaraku kang Muhammad Sugiono, saya senang menemukan blog yang menurut saya sangat bermanfaat. boleh kan saya ngedownload kitab/artikel yang ada di blog ini.
    Jazzakallahu khairan katsiran.
    Keep Fight For Islam
    Allahu Akbar…
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: