Apalah Arti Sebuah Nama

Sering saya dimintai tolong untuk memberikan masukan nama yang bagus buat anak putra atau putri. Biasanya mereka mengharapkan nama yang Islami tapi juga tidak ketinggalan jaman. Emang ada nama yang primitif? Perasaan kok ga ada. Biasanya habis diskusi luas (karena panjang kali lebar adalah sama dengan luas…yiee..) saya sering mengakhirinya dengan ungkapan: “Dikasih nama apa ya? Tunggu deh, saya cari-cari dulu” (Maklum masih amatiran. Alias belum pernah nimang anak. Jadi harus cari contekan dulu..he2..he..). Temen saya langsung nyeletuk: “emangnya mo cari di mana. Kayak jajanan aja, dicari di pasar”.

Memang orang bilang, “apalah arti sebuah nama”. Tidak demikian dengan Islam. Sebagai orang tua kita diperintahkan untuk memberikan nama-nama yang bagus untuk putra-putri kita. Karena nama adalah doa. Karena nama adalah motivasi. Karena nama adalah panggilan terindah yang dinanti-nanti ketika antri masuk surga nanti (Aamiin). Karena nama adalah sebuah impian sekaligus keinginan dan cita-cita besar. Jadi jangan sepelekan nama.

Suatu malam sehabis ngaji, ada yang bertanya tentang nama buat buah hatinya. Saya jadi teringat dengan nama-nama yang seharusnya familiar bahkan harus senantiasa membasahi lisan kita di kala sedih atau bahkan senang, yaitu Asmaul Husna. Asmaul Husna berasal dari kata Asma’ (bentuk plural/jama’ dari kata ismun) yang berarti Nama-nama dan Husna (dari kata hasanun) yang berarti Yang Baik. Kenapa kita tidak membiasakan diri dengan nama-nama tersebut.

ALLAH memiliki nama-nama yang baik yang disebut dengan Asmaul Husna.
Rasulullah SAW menjelaskan bahwa al-Asma al-Husna ini jumlahnya ada 99, karena ALLAH menyukai bilangan yang ganjil.

Sesungguhnya ALLAH mempunyai sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu. Barangsiapa menghitungnya, niscaya ia masuk surga. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sembilan puluh sembilan nama tsb menggambarkan betapa baiknya ALLAH. Nama-nama dalam Asmaul Husna ini, ALLAH sendirilah yang menciptakannya.

Dia-lah ALLAH yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang Membentuk Rupa, yang Mempunyai Nama-Nama yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr: 24)

Sebutlah nama-nama ALLAH, dalam setiap zikir dan doa kita. Jika kita memohon diberi petunjuk, sebutlah nama Al-Hâdi (Maha Pemberi Petunjuk). Jika kita mohon diberi sifat kasih sayang, sebutlah nama Ar-Rahmân (Maha Pengasih). Semoga doa kita akan semakin makbul.
Anjuran untuk menggunakan Asmaul Husna dalam berzikir dan berdoa, diterangkan oleh ALLAH SWT dalam Al-Quran.

Hanya milik ALLAH asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-A’râf: 180).

Berikut ini nama-nama indah milik Allah SWT. Rabb semesta alam.

No

Nama

Arti

Antara lain
terdapat dalam

1

ar-Rahmaan

Yang Maha Pemurah

Al-Faatihah: 3

2

ar-Rahiim

Yang Maha Pengasih

Al-Faatihah: 3

3

al-Malik

Maha Raja

Al-Mu’minuun: 11

4

al-Qudduus

Maha Suci

Al-Jumu’ah: 1

5

as-Salaam

Maha Sejahtera

Al-Hasyr: 23

6

al-Mu’min

Yang Maha Terpercaya

Al-Hasyr: 23

7

al-Muhaimin

Yang Maha Memelihara

Al-Hasyr: 23

8

al-‘Aziiz

Yang Maha Perkasa

Aali ‘Imran: 62

9

al-Jabbaar

Yang Kehendaknya Tidak Dapat Diingkari

Al-Hasyr: 23

10

al-Mutakabbir

Yang Memiliki Kebesaran

Al-Hasyr: 23

11

al-Khaaliq

Yang Maha Pencipta

Ar-Ra’d: 16

12

al-Baari’

Yang Mengadakan dari Tiada

Al-Hasyr: 24

13

al-Mushawwir

Yang Membuat Bentuk

Al-Hasyr: 24

14

al-Ghaffaar

Yang Maha Pengampun

Al-Baqarah: 235

15

al-Qahhaar

Yang Maha Perkasa

Ar-Ra’d: 16

16

al-Wahhaab

Yang Maha Pemberi

Aali ‘Imran: 8

17

ar-Razzaq

Yang Maha Pemberi Rezki

Adz-Dzaariyaat: 58

18

al-Fattaah

Yang Maha Membuka (Hati)

Sabaa’: 26

19

al-‘Aliim

Yang Maha Mengetahui

Al-Baqarah: 29

20

al-Qaabidh

Yang Maha Pengendali

Al-Baqarah: 245

21

al-Baasith

Yang Maha Melapangkan

Ar-Ra’d: 26

22

al-Khaafidh

Yang Merendahkan

Hadits at-Tirmizi

23

ar-Raafi’

Yang Meninggikan

Al-An’aam: 83

24

al-Mu’izz

Yang Maha Terhormat

Aali ‘Imran: 26

25

al-Mudzdzill

Yang Maha Menghinakan

Aali ‘Imran: 26

26

as-Samii’

Yang Maha Mendengar

Al-Israa’: 1

27

al-Bashiir

Yang Maha Melihat

Al-Hadiid: 4

28

al-Hakam

Yang Memutuskan Hukum

Al-Mu’min: 48

29

al-‘Adl

Yang Maha Adil

Al-An’aam: 115

30

al-Lathiif

Yang Maha Lembut

Al-Mulk: 14

31

al-Khabiir

Yang Maha Mengetahui

Al-An’aam: 18

32

al-Haliim

Yang Maha Penyantun

Al-Baqarah: 235

33

al-‘Azhiim

Yang Maha Agung

Asy-Syuura: 4

34

al-Ghafuur

Yang Maha Pengampun

Aali ‘Imran: 89

35

asy-Syakuur

Yang Menerima Syukur

Faathir: 30

36

al-‘Aliyy

Yang Maha Tinggi

An-Nisaa’: 34

37

al-Kabiir

Yang Maha Besar

Ar-Ra’d: 9

38

al-Hafiizh

Yang Maha Penjaga

Huud: 57

39

al-Muqiit

Yang Maha Pemelihara

An-Nisaa’: 85

40

al-Hasiib

Yang Maha Pembuat Perhitungan

An-Nisaa’: 6

41

al-Jaliil

Yang Maha Luhur

Ar-Rahmaan: 27

42

al-Kariim

Yang Maha Mulia

An-Naml: 40

43

ar-Raqiib

Yang Maha Mengawasi

Al-Ahzaab: 52

44

al-Mujiib

Yang Maha Mengabulkan

Huud: 61

45

al-Waasi’

Yang Maha Luas

Al-Baqarah: 268

46

al-Hakiim

Yang Maha Bijaksana

Al-An’aam: 18

47

al-Waduud

Yang Maha Mengasihi

Al-Buruuj: 14

48

al-Majiid

Yang Maha Mulia

Al-Buruuj: 15

49

al-Baa’its

Yang Membangkitkan

Yaasiin: 52

50

asy-Syahiid

Yang Maha Menyaksikan

Al-Maaidah: 117

51

al-Haqq

Yang Maha Benar

Thaahaa: 114

52

al-Wakiil

Yang Maha Pemelihara

Al-An’aam: 102

53

al-Qawiyy

Yang Maha Kuat

Al-Anfaal: 52

54

al-Matiin

Yang Maha Kokoh

Adz-Dzaariyaat: 58

55

al-Waliyy

Yang Maha Melindungi

An-Nisaa’: 45

56

al-Hamiid

Yang Maha Terpuji

An-Nisaa’: 131

57

al-Muhshi

Yang Maha Menghitung

Maryam: 94

58

al-Mubdi’

Yang Maha Memulai

Al-Buruuj: 13

59

al-Mu’id

Yang Maha Mengembalikan

Ar-Ruum: 27

60

al-Muhyi

Yang Maha Menghidupkan

Ar-Ruum: 50

61

al-Mumiit

Yang Maha Mematikan

Al-Mu’min: 68

62

al-Hayy

Yang Maha Hidup

Thaahaa: 111

63

al-Qayyuum

Yang Maha Mandiri

Thaahaa: 11

64

al-Waajid

Yang Maha Menemukan

Adh-Dhuhaa: 6-8

65

al-Maajid

Yang Maha Mulia

Huud: 73

66

al-Waahid

Yang Maha Tunggal

Al-Baqarah: 133

67

al-Ahad

Yang Maha Esa

Al-Ikhlaas: 1

68

ash-Shamad

Yang Maha Dibutuhkan

Al-Ikhlaas: 2

69

al-Qaadir

Yang Maha Kuat

Al-Baqarah: 20

70

al-Muqtadir

Yang Maha Berkuasa

Al-Qamar: 42

71

al-Muqqadim

Yang Maha Mendahulukan

Qaaf: 28

72

al-Mu’akhkhir

Yang Maha Mengakhirkan

Ibraahiim: 42

73

al-Awwal

Yang Maha Permulaan

Al-Hadiid: 3

74

al-Aakhir

Yang Maha Akhir

Al-Hadiid: 3

75

azh-Zhaahir

Yang Maha Nyata

Al-Hadiid: 3

76

al-Baathin

Yang Maha Gaib

Al-Hadiid: 3

77

al-Waalii

Yang Maha Memerintah

Ar-Ra’d: 11

78

al-Muta’aalii

Yang Maha Tinggi

Ar-Ra’d: 9

79

al-Barr

Yang Maha Dermawan

Ath-Thuur: 28

80

at-Tawwaab

Yang Maha Penerima Taubat

An-Nisaa’: 16

81

al-Muntaqim

Yang Maha Penyiksa

As-Sajdah: 22

82

al-‘Afuww

Yang Maha Pemaaf

An-Nisaa’: 99

83

ar-Ra’uuf

Yang Maha Pengasih

Al-Baqarah: 207

84

Maalik al-Mulk

Yang Mempunyai Kerajaan

Aali ‘Imran: 26

85

Zuljalaal wa al-‘Ikraam

Yang Maha Memiliki Kebesaran serta Kemuliaan

Ar-Rahmaan: 27

86

al-Muqsith

Yang Maha Adil

An-Nuur: 47

87

al-Jaami’

Yang Maha Pengumpul

Sabaa’: 26

88

al-Ghaniyy

Yang Maha Kaya

Al-Baqarah: 267

89

al-Mughnii

Yang Maha Mencukupi

An-Najm: 48

90

al-Maani’

Yang Maha Mencegah

Hadits at-Tirmizi

91

adh-Dhaarr

Yang Maha Pemberi Derita

Al-An’aam: 17

92

an-Naafi’

Yang Maha Pemberi Manfaat

Al-Fath: 11

93

an-Nuur

Yang Maha Bercahaya

An-Nuur: 35

94

al-Haadii

Yang Maha Pemberi Petunjuk

Al-Hajj: 54

95

al-Badii’

Yang Maha Pencipta

Al-Baqarah: 117

96

al-Baaqii

Yang Maha Kekal

Thaahaa: 73

97

al-Waarits

Yang Maha Mewarisi

Al-Hijr: 23

98

ar-Rasyiid

Yang Maha Pandai

Al-Jin: 10

99

ash-Shabuur

Yang Maha Sabar

Hadits at-Tirmizi

OK. Selamat berkreativitas dan berinovasi dalam memberikan nama buat buah hati kita.

Diolah dari http://islam.elvini.net/allah.cgi?asmaulhusna

8 Tanggapan

  1. namaq Letoo
    wes mesti aq wong Jowo
    mangane melu mertuwo
    iwake kacang petulo (ono tha?)
    embo…
    he2…he2..he2…
    salam kenal
    teko arek konco dorjo

  2. hmmm kebetulan nih mau punya …??????????

  3. memang nama adalah sebuah harapan dan keinginan
    tentunya keinginan yang baik dan sesuai dengan Ridho Allah dan Rasulnya

  4. Ga bisa Comment lgi terlalu Perfect

  5. Assalam…Wr.Wb.

    salam kenal buat temen2x

    saya idem ama mas Mutashim, klo nambah sedikit nich boleh khan…, nama merupakan do’a …

    Wassalam…Wr.Wb.

  6. Ya.. memang nama itu ..udah dikasih sama ortu masing-masing.. kalau kita udah dikasih nama sama ortu ya.. syukurin aja..

  7. “subahanaw4jj”.
    perpect.
    tak ad lg yg indah dgn Asmaul Husna.

  8. maksudnya mungkin;
    tdk ada lagi yg lebih indah selain dg Asmaul Husna

    perfecta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: