Akad Nikah

Sebenarnya saya sudah sering diminta untuk menjadi ‘tim sukses’ acara akad nikah plus resepsi pernikahan. Mulai dari temen dekat sampai temennya dari temen-temen temennya temen saya. (bingung ya? Ga usah dipikir. Wong ga masuk ujian kok). Posisinya juga beragam. Mulai dari juru parkir, penyaji hidangan, terima tamu, tukang cuci, sampai Master of Ceremony (MC). Di antara sekian posisi, yang paling sering meninggalkan kesan yang mendalam adalah menjadi MC. Entah sudah berapa kali ya saya jadi MC. Coba saya ingat-ingat lagi (bentar ya, lagi loading neh):
1. Resepsi pernikahan Mas Abdul Rozaq (Tambaksari)
2. Akad nikahnya Mas Huda (Tambaksari)
3. Akad nikah plus resepsi pernikahannya Mas Khoiruddin (Lamongan) di Surabaya
4. Akad nikah plus resepsi pernikahannya Mas Parna (Nganjuk) di Surabaya
5. Akad nikahnya Mahyuddin (Makassar) dengan temen saya SMU di Sidoarjo
6. Akad nikahnya Mbak Fadiyah (Surabaya) dengan Mas Farid (Yogyakarta)
7. Akad nikahnya Mas Ipang (Blora, Jateng) dengan Mbak Arimbi (Surabaya)
8. Walimahnya kerabat dekat di Sidoarjo
9. dan lain-lain yang saya lupa tempat dan namanya.

Seingat saya yang unik adalah hampir setiap kali ngemce (jadi MC), saya sering bingung dengan susunan acaranya. Sehingga masih sering tanya-tanya ke sana-sini untuk cari informasi. Bagaimana susunan acara yang benar itu?

Bahkan saya pernah ketika diminta ngemce, ucapan saya beberapa kali ngadat (adiknya lola alias loading lama) akibat saking groginya. Kok bisa grogi? Ya bisa doong. Sudah tempatnya di Aula bueesaar, mintanya dadakan, juga karena yang hadir banyak banget yang mayoritasnya Chinese dan waktu itu di-shoot oleh kamera lagi. Aaghh…malu banget kalau ingat-ingat waktu itu. Begitu culun.

Ha, belajar dari pengalaman ‘pahit’ itu, dari pada dibuang, saya kok kepikiran untuk menyimpan naskah susunan acara pernikahannya salah satu temen saya di blog ini. Agar bisa saya buka-buka lagi. Sukur-sukur bisa jadi ‘literatur’ bagi temen-temen yang mo ngemce. Jadi bisa bermanfaat gitu. Ini dia

SUSUNAN ACARA PERNIKAHAN
Someone dengan Someone else
Selasa, 7 Oktober 2008 di Masjid Cheng Hoo Surabaya

1. Pembukaan 13.00 – 13.05 MC (M. Sugiono)
2. Pembacaan Ayat Suci al Qur’an 13.05 – 13.15 Qori’ (Ust. Aris)
3. Tawkil Wali dan Akad Nikah 13.15 – 13.45 Petugas KUA
4. Penyerahan Mahar 13.45 – 13.50 Kedua Mempelai
(dari mempelai putra kepada mempelai putri)
5. Sambutan Penyerahan 13.50 – 14.00 Perwakilan Pihak Mempelai Putra
Bpk. Imron Djunaedi
6. Sambutan Penerimaan 14.00 – 14.10 Perwakilan Pihak Mempelai Putri
Bpk. Hasyim
7. Mau’idhoh Hasanah & Do’a 14.10 – 14.30 Ust. Saifuddin Budiharjo, SH.I.
8. Penutup 14.30 – 14.35 MC (M. Sugiono)

Selamat atas pernikahan saudara Someone dengan saudari Someone else. Semoga pernikahan mempelai berdua lancar, barokah dan mendapatkan ridha dari Allah SWT . Dan semoga menjadi keluarga ASMARA (As sakînah al Mawaddah wa Rahmah) yang akan melahirkan generasi-generasi yang shalih dan shalihah. Âmîn yâ Robbal ‘âlamîn.

Pernikahan bukan sekedar mengikat dua insan saja. Tetapi menyatukan dua keluarga besar dari kedua mempelai. Sehingga urutannya pun bisa berubah tergantung kesepakatan antara kedua keluarga besar tersebut. Yang jelas harus sepengetahuan kedua belah pihak. Dan kalau bisa, susunan acaranya kita print dan kita berikan kepada masing-masing keluarga. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena saya punya pengalaman ‘suepet plus pahit’ hanya karena susunan acara yang saya dapat dari keluarga mempelai putra tidak sama dengan yang diinginkan pihak mempelai putri. Anda bisa membayangkan apa gerangan yang terjadi???

About these ads

14 Tanggapan

  1. Numpang ngiklan bagi yg mau taaruf http://khitbahku.wordpress.com

  2. Assalamu’alaikum.

    Wah mas muhammad sugiono hampir sama dengan ana kok sering jadi MC…lajnah daiman..
    mmm,,kapan dilajnahi ya..he..afwan.

  3. maksud tulisan ini apa ya? apa mau promosi kerjaan sebagai mc walimah?

  4. @ Bocah Kureng
    Trims ya infox. Moga byk yg mampir.

    @ Asya
    :)

    @ Gus_dzik
    Sy sarankan Gus_dzik baca dulu deh.
    Sy husnudhon Gus blm baca sampai selesai. he2..he..
    Kalo ga salah udah sy cantumin tuh 7an penulisanx.
    OK. btw, Jzklh khoir ya.

  5. wah,multi tallent niy
    mulai dari juru parkir sampai MC
    knapa ga jd EO skalian ???
    4 jempol (sama jempol kaki juga) deh bwt Pak Sugi
    bwt yang laen,betul banget tuh sarannya
    mungkin lebih bagusan lagi kalo disertain juga @ proposal nikah

  6. info yg bermanfaat,
    mas sugi, bsk klo sy nikah lagi, antum msh mau jadi MC?
    ;))
    he he he……..

    …..

  7. Alhamdulillah.
    OK. Insya Allah mas. Itu ladang amal yg ga mungkin sy sia2kan.
    pertanyaan sy satu, kapan Mas?
    he..he..he…

  8. semoga menjadi MC teladan, tapi saya sarankan harus punya kader lho. sebab kapan mau di MC i ????? emang gak bosen ?????

  9. aku juga dalam waktu dekat ini juga kebagian tugas ngemce untuk akad dan resepsi pernikahan keluarga temen aku, aku minta teks kata sambutannya dong, aku lagi kebingungan nih. tolongin dunk teman2

  10. Assalamu’alaikum wr.wb. gimana kabarnya saudaraku…? alhamdulillah akirnya ana baru bisa online. web antum subhannallah luar biasa, smg menjadi ILMU YG BERMANFAAT BAGI UMAT, Af1 belum bisa kritik dan saran, salam dari kami keluarga diklimantan banjarbaru….. makin semangat Allohu Akbar…. wassalam.

  11. alhamdulillah, yang aku cari ketemu, soalnya nanti sore q mo mc, terima kasih infonya moga bermanfaat amin. wassalam

  12. Alhamdulillah, …
    sy punya pengalaman menarik waktu ngemce di Madura
    tepatnya di Krampon Barat Torjun Sampang
    Subhanallah, sebuah pengalaman tak terlupakan
    perjalanannya pake motor full speed dr Suramadu s/d t4 acr
    lbh mengasyikkan lg krn balapan dan rame2 dg teman2
    Acr nya bener2 Islami
    Tamu putra dan putri terpisah
    Orang2 yg terlibat di dalamnya jg bener2 mumpuni
    Banyak Kiyai nya, Subhanallah membuat sy makin semangat
    wktu itu Ahad, 16 Mei 2010 dg diiringi hujan yg cukup deras, acr pun dimulai.
    Susunan acr sy bacakan : (skalian sy beri catatan peristiwa yg terjadi saat itu)
    1. Kalimatul Ifititah by KH. Abdus Shomad
    2. Qiroatul Qur’an by adik Shohibur Ridho (anaknya imud & suaranya…… Subhanallah, menyejukkan hati bagi yg mendengarkan. Dia adl adik kandung mempelai putri. dr info yg sy dpt, memang keluarga mempelai putri adl keluarga penjaga Quran)
    3. Aqdun Nikah by KUA (KH. …. afwan lupa) :
    – Tawkil Wali
    – Khutbah Nikah
    – Aqdun Nikah
    – Do’a Nikah by KH. Abdus Shomad
    – Syarofal Anam by Ust. Sulaiman Noer (lhaaa… ini pengalaman pertama sy ikut sholawatan dlm acr pernikahan)
    4. Sambutan2 ato Tasliyah
    – Sambutan Pertama, sambutan penyerahan dari perwakilan keluarga mempelai putra by KH. Dhofir Syah
    – Sambutan Kedua, sambutan penerimaan dari perwakilan keluarga mempelai putri by KH. Abdul Halim Toha
    Ada peristiwa yg mengagetkan ktika KH. Abdul Halim Toha akn memberikan sambutan.
    Beliau sempat terkejut waktu menerima Mic dr sy.
    krn ternyata Mic nya nyetrum (ada aliran listriknya).
    Kontan sj jd guyonan hadirin dan pr Kiyai lainnya.
    5. Penutup + Do’a Kifarotul Majlis
    6. Ramah Tama (Menikmati hidangan dan foto2 dg mempelai. Tamu putra dg mempelai putra dan keluarga, tamu putri dg mempelai putri dan keluarga. Subhanallah… berkesan skl)

    Dan peristiwa yg bener2 berkesan dan ins.Allah tdk terlupakan lainnya adalah ketika membuka acr.
    Saking semangatnya sampai2 wktu sesi opening, sy sendiri yg melakukannya yakni dg ngajak hadirin membaca surat al-Fatihah. Fiuuuhh… betapa kagetnya sy ketika melihat KH. Abdus Shomad berbisik2 dg KH. Abdul Halim Toha. Seolah-olah memberi isyarat kpd sy, wahai MC knp tugas sy kamu ambil alih???
    Wah, kl ingat hal itu sy jd malu sendiri…
    ^_^

  13. Wah salut ternyata Bapak juga bisa bertugas sebagai MC.
    Di blog saya juga banyak tips seputar MC resepsi pernikahan. Silahkan kunjungi http://www.mcwady.com.

    Semoga Bapak juga sukses kalau kembali dipercaya sebagai MC :)

    Salam,
    MC Wady

  14. Assallamualaikum, mohon maaf sebelumnya
    ada yang punya konsep MC acara akadnya nggak ya
    saya baru pertama kali nii, ada sahabat yang mau nikah dan minta tolong sama saya untuk jadi MC nikah tapi saya nggak penya pengalaman sama sekali tapi sahabat sya maksa, ada yang bisa kasih Teksnya nggak yaa, sekalian Bagi2 pengalaman dari awal pembukaan acara akad sampai selesai akad, apa saya yang harus saya umumkan selain susunan acara….? mohon bantuannya yaa terima kasih.
    Wassalam

    Puspa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: